Peranan Jasa Detektif Swasta di Indonesia

by Jessica Putri
0 comment

Peranan Jasa Detektif Swasta di Indonesia

Kebanyakan masyarakat mengetahui keberadaan Detektif dalam film dan novel asing, seperti tokoh Detektif Sherlock Holmes, James Bond atau Hercule Poirot. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan masyarakat dan beragam persoalan yang ada, Jasa Detektif Swasta kian marak menjadi suatu profesi yang dibutuhkan oleh sebagian masyarakat. Jasa investigasi atau jasa penyelidikan ini merupakan respon terhadap perasaan atau kondisi ketidak nyamanan atau ancaman yang menghampiri bagian masyarakat baik itu pada level individu ataupun bisnis.

Apa itu Detektif Swasta?

Detektif Swasta adalah seseorang yang bekerja dalam memecahkan suatu kasus atau masalah yang belum terungkap dengan menggunakan metode sistematis dan terencana, mendasarkan pada bukti-bukti yang ada dan merangkainya menjadi suatu fakta yang utuh, dan dapat dipertanggungjawabkan, dimana mereka bekerja untuk klien tertentu yang menyewa jasa mereka dan tidak bekerja pada negara atau melayani persoalan masyarakat luas.

Legalkah keberadaan Jasa Detektif Swasta?

Adanya keberadaan Jasa Detektif Swasta di beberapa negara di luar negeri mendapat perlindungan dan payung hukum. Mereka memiliki lisensi sebagai penyelidik swasta dari kepolisian yang menangani bidang tersebut. Dikarenakan di luar negeri izin memiliki senjata juga sangat selektif, maka Detektif Swasta pun telah mendapat pelatihan khusus pada penggunaan senjata api. Sedangkan di Indonesia sendiri profesi Detektif Swasta masih simpang siur legalitasnya, karena tidak adanya aturan yang memperbolehkan dan juga tidak ada aturan yang melarang.

Lantas apa bedanya peranan Jasa Detektif Swasta dengan polisi di Indonesia?

Detektif Swasta ini tentu saja berbeda dengan polisi pada umumnya secara hukum formal, dimana Detektif Swasta tidaklah harus warga negara Indonesia (WNI) sedangkan polisi wajib sebagai warga negara indonesia. Detektif Swasta tidak memiliki kekuatan hukum untuk menangkap seseorang, sedangkan polisi memiliki hukum formal. Polisi melayani publik secara luas, sedangkan Detektif Swasta membantu orang-orang tertentu yang menyewa jasa mereka untuk melakuan pelayanan pribadi, baik itu dalam level individu maupun bisnis. Polisi merespon kondisi-kondisi emergency sedangkan Detektif Swasta tidak akan memberikan pertolongan atau pendampingan kepada warga secara umum dalam kondisi mendesak.

Apa saja layanan yang diberikan oleh Jasa Detektif Swasta?

Layangan pada beberapa persoalan yang ditangani oleh Jasa Detektif Swasta terbagi menjadi dua yaitu layanan pribadi dan bisnis, dimana di level individu misalnya seperti ketidaksetiaan pasangan, perselingkuhan, ketakutan orang tua atau anaknya untuk bergaul di lingkungan yang tidak positif, misalnya khawatir anaknya terjerat narkoba atau terorisme. Sedangkan di level bisnis Jasa Detektif Swasta ini menangani persoalan seperti kesalahan dalam perekrutan karyawan, atau keinginan suatu lembaga atau perusahaan untuk mengetahui calon dari partner bisnis.

Bagi sebagian masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi yang besar dengan kompleksitas persoalan semacam ini, bisa menjadi nilai yang murah atau bahkan sangat murah, dan mereka paham betul bukannya polisi tidak mampu menangani kasus seperti ini melainkan prioritas penanganan hukum yang harus dilakukan oleh polisi tentu saja membuat orang-orang dengan kemampuan ekonomi tertentu memilih untuk mengambil jalur mandiri atau independen.

Di Indonesia sendiri, layanan investigasi atau jasa penyelidikan yang sudah cukup lama dikenal misalnya Eye Detective Indonesia yang berlokasi di Jakarta dan beroperasi di seluruh Indonesia.

Related Posts

Leave a Comment