Home Cerita Jessica Menjadi Teman Detektif Swasta

Menjadi Teman Detektif Swasta

by Jessica Putri
1 comment
menjadi teman detektif swasta - jasa penyelidikan perselingkuhan - mata mata jessica

Kalian mungkin berpikir bahwa akan menyenangkan memiliki teman yang berkecimpung dalam industri investigasi swasta. Kalian mungkin mengharapkan cerita tentang tugas-tugas berbahaya di lapangan, mengalahkan penjahat, dan memberikan keadilan pada lansia atas kasus penipuan asuransi atau persoalan kisruh perebutan warisan oleh anak-anaknya. Salah kaprah memang tentang pemahaman kebanyakan orang mengenai industri investigasi swasta. Pada kenyataannya, kisah-kisah tersebut hanya akan kalian dengar dari fiksi Sherlock Holmes dan atau Hercule Poirot.

Percayalah bahwa kalian tidak akan mendengar sesuatu yang menarik bak fiksi komik dan novel dari teman kalian yang merupakan seorang detektif swasta dengan gambaran yang seperti itu.

Detektif Swasta adalah

sewa detektif swasta di indonesia

Detektif swasta adalah profesi dimana seseorang mengerjakan atau menjalankan investigasi secara komersial, yang berarti jasa detektif swasta adalah bidang industri swasta, karena mereka bekerja kepada seseorang (klien) yang membayar mereka, atau bernaung pada suatu agen investigasi yang dimiliki oleh pihak swasta, dalam hal ini berarti bukan milik negara. Banyak hadirnya jasa detektif swasta di Jakarta adalah milik perorangan atau swasta yang bergerak pada investigasi rumah tangga.

Hadirnya jasa detektif swasta di Indonesia memiliki banyak keuntungan bagi sebagian besar masyarakat dalam menyelesaikan kasus yang tidak mungkin mereka limpahkan pada penyelidik negara setingkat kepolisian. Misalnya, dalam hal ini adalah kasus rumah tangga atau perselingkuhan. Jasa detektif swasta di Indonesia pada umumnya bekerja pada ranah investigasi skala kecil yang berfokus pada urusan rumah tangga saja karena di Indonesia sendiri legalisasi untuk profesi ini memang belum jelas, dimana belum adanya aturan yang melanggar ataupun memperbolehkan.

Lain hal di Britania Raya misalnya, para detektif swasta mereka telah memiliki regulasi yang diatur dengan hukum, dimana untuk menjadi seorang detektif swasta mereka memerlukan lisensi, dan selebihnya profesi detektif swasta dilindungi oleh hukum berdasarkan aturan negara Britania Raya.

Berteman dengan Detektif Swasta

rasanya menjadi teman detektif swasta - jasa penyelidikan perselingkuhan

Berikut ini, saya berikan rangkuman mengenai enam hal yang tidak akan pernah mungkin diceritakan dari teman anda yang merupakan seorang Detektif Swasta:

  1. Ketika detektif swasta melakukan sesuatu yang berbahaya

Penyelidik swasta tidak akan memberi tahu kalian kapan dia mengambil risiko untuk kliennya dan bagaimana hal itu dilakukan. Mungkin memang menyenangkan untuk berbagi cerita karena sifat manusia yang selalu senang untuk berbagi pengalaman dan kisah, tetapi dalam kenyataannya menceritakan kisah investigasi klien adalah suatu sikap pribadi yang tidak terlatih dalam diri seorang detektif swasta atau private investigator, dan hal itu lebih cenderung akan memperburuk keadaan.

  1. Untuk siapa detektif swasta bekerja

Dalam menyewa jasa detektif swasta, klien pastinya akan menuntut kerahasiaan. Mereka tidak akan menyewa jasa detektif swasta yang lancang atau tidak dapat menutup rapat mulutnya. Klien baru seringkali menginginkan kontrak kerjasama dan biasanya perjanjian kerahasiaan atau perjanjian tidak tersurat menjadi salah satu hal yang pasti diinginkannya. Jadi, seorang detektif swasta profesional tidak mungkin bermulut ember.

  1. Siapa atau apa yang selidiki oleh detektif swasta

Ingin mendengar banyak cerita dari teman kalian yang seorang detektif? Jangan kecewa jika teman kalian yang merupakan seorang detektif swasta lebih memilih untuk menutup mulutnya. Untuk alasan keamanan, efisiensi, dan kerahasiaan, kalian tidak akan pernah mendengark tentang kasus apapun, sekalipun kalian adalah sahabat terbaiknya.

  1. Lokasi keberadaaan detektif swasta

Sebagai seorang detektif swasta, saya paling benci ketika mendapat pertanyaan “lo lagi dimana?”. Sekali lagi, hal ini sangatlah masuk akal untuk membenci suatu pertanyaan yang dalam perspektif  umum terbilang sederhana, karena jika seorang detektif swasta mulai mengungkapkan ke mana dia pergi, maka kalian akan berlanjut kepada pertanyaan berikutnya “ngapain lo disitu?” yang kemudian berujung pada rasa penasaran, dan mungkin juga memutuskan untuk mampir! Itu akan menjadi bencana, karena setiap tamu tidak berkepentingan pasti akan menarik perhatian seorang detektif swasta yang sedang bekerja di lapangan.

Bahaya lainnya adalah bahwa walaupun hanya dengan lokasi, beberapa orang dapat mengetahui terlalu banyak detail tentang apa yang terjadi.

  1. Kapan detektif swasta akan kembali dan pulang

Seorang detektif swasta bahkan tidak akan pernah tahu kapan dia akan kembali dari tugasnya atau kapan dia pulang pada suatu hari tertentu. Menjadi seorang detektif swasta terkadang harus pergi ke suatu tempat yang ekstrem, susah sinyal, kesulitan air, atau mengharuskan diri untuk tetap stand-by pada pekerjaan selama berjam-jam tanpa istirahat untuk pekerjaan pengawasan. Atau, yang paling menyebalkan adalah jika situasi dan kondisi cuaca benar-benar sangat panas, seorang detektif swasta tidak akan pernah tahu berapa banyak waktu yang akan dihabiskannya untuk tetap berada dalam posisi yang demikian.

  1. Dimana dia bekerja

Seorang detektif swasta umumnya memiliki pekerjaan ganda, atau berkamuflase sebagai seorang mahasiswa, hal tersebut sangat masuk akal untuk menghindari pertanyaan “lo sibuk apa sih sehari-hari?”. Dengan menjawab ringkas sebagai mahasiswa, maka pertanyaan seputar pekerjaan akan berhenti sampai disitu.

Atau mungkin seorang detektif swasta memiliki pekerjaan ganda, misalnya sebagai staff administrasi perpustakaan, maka jawaban tersebut akan menutup mereka dari segala pengetahuan umum yang mereka miliki dalam kehidupan sosialnya yang sebenarnya mereka kuasai dari pengalaman dalam penyelidikan kasus.

Percayalah bahwa ke-enam hal utama tersebut yang tidak akan pernah kalian dapatkan dari teman kalian yang mungkin merupakan seorang detektif swasta!

Related Posts

1 comment

Hendri Maulana March 16, 2020 - 7:51 am

Teman Sherlock Holmes… Hahahaha

Reply

Leave a Comment