Home Eye Detective Perbedaan Intelijen dan Jasa Detektif Swasta

Perbedaan Intelijen dan Jasa Detektif Swasta

by Jessica Putri
0 comment
Perbedaan Intelijen dan Jasa Detektif Swasta

Detektif dan Intel seringkali dikaitkan sebagai makna yang sama dengan penulisan yang berbeda, namun nyatanya baikĀ  detektif ataupun intelijen memiliki penulisan yang berbeda juga dengan makna dan pengertian yang berbeda dari keduanya.

 

Perbedaan Intel dan Detektif Swasta

Intel atau Intelijen yang diambil dari bahasa Inggris Intelligence merupakan informasi yang dinilai atas ketepatan waktu dan relevansinya, sebagian orang mengasumsikan sebagai detail dan keakuratan dari wujud orang atau mengacu kepada sosok seseorang yang berprofesi, namun dilansir dari Wikipedia makna Intel sendiri sejatinya “data” yang berupa informasi yang akurat atau “fakta” yang merupakan informasi yang telah diverifikasi.

Intelijen seringkali juga disebut sebagai “data aktif” atau “intelijen aktif”, informasi ini biasanya mengenai rencana, keputusan, dan kegiatan suatu pihak, yang penting untuk ditindak-lanjuti atau dianggap berharga dari sudut pandang organisasi pengumpul intelijen.

Kata intelijen juga sering digunakan untuk menyebut pelaku pengumpul informasi ini, baik sebuah dinas intelijen maupun seorang agen.

 

Definisi Detektif

jasa detektif perselingkuhan swasta

perbedaan intel dan jasa detektif swasta

 

Lain halnya intel lain pula halnya detektif. Jika intel merupakan data maka detektif merupakan sosok seseorang yang berprofesi pada pengumpulan data aktif intelejen tersebut, yang berarti adalah seseorang yang melakukan penyelidikan terhadap suatu kejahatan, baik sebagai detektif polisi maupun sebagai detektif swasta.

Di Indonesia sendiri detektif swasta biasanya bekerja secara komersial, walaupun di beberapa negara besar di bagian eropa dan amerika para detektif swasta telah memiliki legalitas dan perlindungan hukum serta lisensi, sayangnya di Indonesia profesi detektif swasta masih sangat dilematis.

Maka dengan demikian perbedaan intelijen dan detektif tentu sangat jelas terlihat dari maknanya, dimana intelijen merupakan data sedangkan detektif adalah sosok dari orang yang mengerjakan data tersebut.

Dengan demikian, erat kaitannya antara detektif dengan intelijen dimana keduanya saling berketerkaitan.

 

Apa yang dilakukan oleh Detektif Swasta

Jasa detektif swasta atau private investigator bekerja untuk mencari informasi tentang masalah hukum, keuangan, dan persoalan pribadi.

Mereka menawarkan banyak layanan, seperti memverifikasi latar belakang dan pernyataan orang, menemukan orang hilang, jasa detektif perselingkuhan mencari bukti dan menyelidiki kejahatan digital atau scammer.

Untuk beberapa detektif swasta yang dinaungi oleh agensi atau badan usaha yang terdaftar cakupan layanan mereka biasanya lebih besar lagi, kebanyakan dari mereka umumnya menawarkan support due dilligence, penyelidikan karyawan untuk kemungkinan pencurian dari suatu perusahaan dan tracing asset, umumnya investigasi semacam ini diperlukan untuk perusahaan berbasis finance dan mereka akan bermitra dengan lembaga asosiasi hukum atau kantor pengacara pidana dan perdata.

Regulasi kerja Detektif Swasta

Detektif dan penyelidik swasta biasanya melakukan runtutan investigasi sebagai berikut:

  • Mewawancarai orang-orang untuk mengumpulkan informasi
  • Mencari catatan untuk mengungkap petunjuk
  • Melakukan pengawasan
  • Mengumpulkan seluruh bukti untuk klien

 

Detektif dan penyelidik swasta menggunakan berbagai alat invesetigasi professional ketika melakukan investigasi dalam suatu kasus. Sebagian besar pekerjaan mereka dilakukan dengan komputer yang memungkinkan mereka memperoleh informasi terkait kasus yang dikerjakan. Detektif juga melakukan pemantauan ketika menyelidiki suatu kasus. Mereka mungkin mengawasi suatu lokasi, seperti rumah atau kantor seseorang dan seringkali dilakukan dari posisi yang cukup tersembunyi dengan enggunakan kamera dan teropong.

detektif wanita jessica eye detective indonesia liputan redaksi sore trans7

Detektif Wanita Jessica – Eye Detective Indonesia dalam liputan Redaksi Sore Trans7

 

Detektif swasta sangat diharuskan untuk memperhatikan ketentuan hukum saat melakukan investigasi, hal ini ditujukan untuk memberikan batasan mengenai mana yang dapat dan tidak dapat untuk dilaukan. Legalitas detektif swasta di Indonesia belum memiliki payung hukum yang mengatur profesi tersebut, maka itu perhatian penuh pada pergerakan investigasi sangat diperlukan untuk tetap menjaga keamanan dan tetap bekerja dibawah standard etika negara.

Sekali lagi, karenanya mereka tidak memiliki wewenang layaknya polisi, pekerjaan mereka harus dilakukan dengan otoritas yang sama dengan warga negara. Maka dari itu, sebagai detektif swasta yang profesional dituntut untuk harus memiliki pemahaman yang baik tentang undang-undang negara, seperti undang-undang privasi dan masalah hukum lainnya yang memengaruhi pekerjaan mereka. Kalau tidak, bukti yang mereka kumpulkan mungkin tidak bisa digunakan di pengadilan dan mereka bisa menghadapi penuntutan.

Eye Detective Indonesia adalah satu-satunya jasa detektif swasta di Indonesia yang memiliki pelatihan khusus kepada setiap agen detektif swasta dalam hal ini.

 

Lingkungan Kerja bagi Detektif Swasta

Detektif dan penyelidik swasta bekerja di banyak lingkungan, tergantung pada kasusnya. Beberapa menghabiskan lebih banyak waktu di kantor, meneliti kasus pada komputer dan data-data terkait. Lainnya menghabiskan lebih banyak waktu di lapangan, melakukan wawancara atau melakukan pengawasan. Selain itu, detektif swasta juga harus bekerja di luar ruangan atau dari dalam dan luar kendaraan, dalam cuaca apapun untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan klien mereka.

Related Posts

Leave a Comment